Selasa, 14 November 2017

Efek samping ulat hongkong ( pemberian secara berlebihan )

Efek samping ulat hongkong ( pemberian secara berlebihan )Pemberian ulat hongkong sudah tak asing lagi untuk para kicauan tidak hanya untuk burung-burung yang disiapkan untuk lomba saja, burung - burung yang sedang mabung pun dirasa perlu untuk diberikan ulat hongkong. akan tetapi, tidak banyak orang yang menggunakan ulat hongkong untuk burung-burungnya.  dikarenakan ulat hongkong yang diberikan terlalu sering dan dalam jumlah yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan burung. Ulat hongkong memang bagus untuk perkembangan akan tetapi kalau diberikan berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak bagus.

Dibawah ini efek yang ditimbulkan dari ulat hongkong jika diberikan secara berlebihan :
Efek samping ulat hongkong ( pemberian secara berlebihan )

  • Dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Dapat menyebabkan tubuh burung menjadi panas dan over birahi lama-kelamaan akan terjadi rontok bulu secara cepat kalau diberikan secara over.
  • Dapat menyebabkan cacat fisik pada burung yaitu kebutaan permanen ( katarak )
  • Menambah biaya pakan

Kandungan zat dan nutrisi ulat hongkong adalah :

  1. Usahakan jangan diberikan pakan ini secara berlebihan, karena ulat hongkong didalam kandungan zat kitin didalam tubuh ulat hongkong sangat tinggi.
  2. Kandungan lemak ersentasinya juga sangat tinggi.
  3. Kandungan nutrisi ulat hongkong 42% lemak kasar,46% protein kasar,7 % kadar abu,kandungan non nitrogen 10 %

Teknik yang benar menyajikan ulat hongkong pada burung kicauan :
Efek samping ulat hongkong ( pemberian secara berlebihan )

  • Untuk menyajikan ulat hongkong untuk burung  sebaiknya tidak dalam keadaan hidup. Caranya, Ulat hongkong harus dicelupkan ke dalam air Hangat agar mati. Kemudian baru diberikan kepada burung berkicau. 
  • Mematikan ulat hongkong dengan cara tersebut bertujuan agar zat kitinnya berkurang, zat kitin pada ulat hongkong bisa menyebabkan gangguan pencernaan, hal ini juga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan apabila burung ocehan diberi ulat hongkong secara berlebihan.

Artikel Terkait

5 komentar

Saya pemula dalam memelihara burung, burung saya burung kacer, dalam 1 minggu ini tiap hari saya kasih makan ulat hongkong pagi dan sore, sekarang saya melihat burung, kaya kurang sehat, apakah disebabkan terlalu sering dikasih ulat hongkong? Trus bagaimana cara mengatasinya?

Apa efeknya jika cucak ijo yg sedang nyulam diberi ulat hongkong?

it solusinya gimna klo sudah kejadian kbnyakan ulat hongkong

Hati2 bagi pemula (spt saya) br beli burung pentet dan rambatan. Sy kasih ulat hongkong dan spt nya kebanyakan. Matiah tuh si burung...

Alhamdulillah burung murai saya sehat baik itu burung lomba atau burung dalam tangkaran, Yang penting uh bukan makanan pokoknya tapi hanya selingan saja agar burung tidak bosan


EmoticonEmoticon