Selasa, 14 November 2017

Mengatasi dan perawatan burung prenjak macet bunyi

Merawat burung prenjak yang satu ini bisa dibilang susah susah gampang dalam perawatan burung ini sobat sebaiknya konsisten dan teratur karena apabila tidak konsisten dan tidak teratur tiba-tiba burung akan macet bunyi atau tidak mau berkicau, Kalau sudah terjadi begini biasanya pemilik akan merasa galau dan ketika proses macet bunyinya prenjak berlangsung lama dan terus menerus, maka pemilik biasanya akan merilis ke alam bebas atau burung akan dijual murah. Dalam kondisi tertentu burung perenjak enggan bunyi selama beberapa hari, atau intensitas berkicaunya jauh berkurang.
Jika hal itu terjadi pada burung prenjak sobat , sobat harus melakukan beberapa tips dan perawatan khusus untuk mengatasi perenjak macet bunyi
Mengatasi dan perawatan burung prenjak macet bunyi
Berikut ini perawatanburung prenjak macet bunyi :

  1. Voer yang diberikan sebaiknya memiliki kandungan gizi yang lengkap. Voer seperti ini banyak dijual di pasar / toko / kios burung dengan berbagai merek. Untuk menambah kandungan protein, Anda bisa mencampurkan tepung jangkrik atau tepung daging ke dalam voer tersebut.
  2. Berikan ulat kandang sebanyak satu cepuk kecil setiap pagi. Bisa juga diganti kroto sebanyak 1/2 cepuk yang diberikan setiap pagi dan sore hari.
  3. Jangkrik kecil cukup diberikan 1 ekor, tetapi setiap dua jam sekali. Jadi dalam sehari perenjak mengkonsumsi 6 ekor jangkrik.
  4. Jika ada, belalang hijau bisa diberikan sebagai selingan. Sebab pemberian belalang hijau bisa membuat burung cepat jinak.
  5. Penjemuran sebaiknya tidak lebih dari 1 jam. Penjemuran yang baik biasanya hanya sekitar 30 menit, setelah itu burung disimpan di tempat teduh. Penjemuran dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.
  6. Agar perenjak lebih rajin berbunyi, Anda bisa membeli perenjak betina sehingga bisa memancing burung agar saling sahut-sahutan.
  7. Sore hari, sekitar pukul 17.00, burung dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat hingga pagi hari. Dan jika burung tetap tak mau bunyi, meski sudah menjalani perawatan seperti di atas, disarankan untuk memberikan multivitamin secara rutin, misalnya 2-3 kali seminggu.

Itulah cara merawat burung perenjak yang macet bunyi, semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon