Rabu, 24 Januari 2018

Racikan rahasia pakan burung pleci

Siapa yang tidak kenal burung pleci, burung kecil dengan suara yang luar biasa ini banyak juga digemari para pencinta burung mania. Sehingga banyak pencinta burung yang jatuh cinta dengan burung yang satu ini. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa membuat burung pleci yang kita miliki mempunyai kualitas bagus, baik dari segi perawatan, pemasteran sampai pemberian pakan yang bagus. Dan kali ini aku akan mencoba berbagai tips membuat racikan khusus yang bisa untuk dijadikan pendoman kita.
Untuk membuat burung pleci sobat lebih berkualitas lagi ada beberapa racikan. Mulai dari alat dan bahan yang harus sobat siapkan sampai dengan cara meraciknya.
Bagi sobat yang sering membeli pakan dari toko secara langsung, tidak ada salahnya untuk mencoba mempratekan hal yang akan aku jelaskan di bawah ini. Masih banyak yang belum tahu tentang hal ini, padahal sangat bagus untuk kualitas burung pleci lomba. Tapi memang kebanyakan pencinta burung suka meracik pakannya sendiri dengan keyakinan dan keahlian masing - masing.
ok lansung saja.
Racikan rahasia pakan burung pleci

Cara Meracik Pakan Rahasia untuk Burung Pleci Lomba :
Pertama sediakan alat dan bahan

Untuk Alat

  • Timbangan Kue
  • Penggiling atau blender
  • Wadah atau tempat khusus

Untuk bahan yang digunakan memang sudah tidak asing lagi di telinga kita akan tetapi bagi kamu yang memerlukan penjelasan mengenai kenapa menggunakan bahan - bahan tersebut, akan coba lansgung aku jelaskan di bawah ini.

1. Menggunakan Tepung Jangkrik
Kenapa memilih jangkrik??  karena jangkrik mempunyai kandungan hormon progesterone 105,49 ppm, hormon estrogen 259,535 ppm dan testoteron 31,78 ppm. Bukan hanya itu saja melainkan juga jangkrik merupakan sumber energi 4,87 kalori per gram dan kandungan tepungnya sampai 57,32 %. Selain itu jangkrik juga memiliki senyawa kimia seperti asam glutation dan asam amino.

      Cara Membuat Tepung Jangkrik

  • Pilihlah jangkirk yang sudah berudia kurang lebih 40 hari
  • Kemudian rendam jangkrik dalam air panas
  • Setelah itu cuci jangkrik hingga bersih
  • Selanjutnya masukan jangkrik dalam oven hingga suhu 700 C kurang lebih 3 jam
  • Terakhir masukan kedalam blender dan giling sampai benar – benar halus

2. Menggunakan Biji Fumayin
Racikan rahasia pakan burung pleci

Ada yang sudah tahu biji fuyamin? Ya konon katanya biji fumayin ini di kategorikan dalam ganja, karena mirip dan bisa bikin ketagihan atau kecanduan. Maka dari itu untuk pemasarannya sendiri dibatasi, padahal itu hanya mitos belaka. Mungkin biar tidak banyak pencinta burung yang menggunakannya untuk membuat burung pleci miliknya berkualitas. Biji pumayin juga memiliki asam amino yang cukup tinggi, bahkan sering kita temukan pada pakan – pakan burung bermerek seperti (Bogena, Vitacract, dll). Akan tetapi bagi kamu yang ingin memberikan biji fumayin secara langsung jangan terlalu banyak, cukup 5 – 6 butir per hari dan jangan lupa untuk mengupasnya terlebih dahulu.

     Manfaat dari Biji Fumayin

  • Biji fumayin dipercaya dapat meningkatkan birahi burung pleci dalam waktu yang sangat singkat, bahkan biji fumayin ini sering digunakan oleh para penangkar burung.
  • Bukan hanya itu, biji fumayin juga bisa digunakan untuk doping burung ketika dilombakan dan bisa membuatnya lebih maksimal.
  • Biji fumayin juga sangat baik di berikan pada burung yang sedang mabung, karena biji fumayin ini dapat membantu mempercepat perontokan bulu – bulu burung.

3. Lalu Menggunakan Veor Berkualitas

Veor yang digunakan bisa berasal dari pabrikan dan memiliki kualtas yang bagus, jangan mencari yang murah tapi carilah yang berkualitas walau veor tersebut tidak populer. Jika masih bingung duniabinatang.org menyarankan untuk menggunakan veor crumble yang sudah sering digunakan untuk mencampur racikan seperti ini.

4. Mennggunakan pakan Ikan Hias

Seperti yang kita ketahui, kalau ikan hias ini selalu diberikan pakan dengan protein yang tinggi, untuk itu sangat cocok jika kita gunakan pakan ikan hias ini. Bukan hanya itu, banyak juga pakan ikan yang banyak emngandung asam amino dan mineral sehngga sangat cocok dan baik buat burung terutama dari segi kesehatan.  Untuk pakannya sendiri kamu bisa beli di toko dan direkomendasikan menggunakan pakan dengan merk (Takari atau Beauty).

Jika dilihat dari bahan – bahan di atas maka kita sudha bisa menyimpulkan bagaimana hasil dari racikan bahan tersebut. Adapun cara yang tepat untuk meraciknya bisa kamu simak dibawah ini.

Cara Meracik Bahan Pakan Rahasia Burung Pleci Lomba :

  • Pertama – tama kamu siapkan terlebih dahulu veor Crumble sebanyak 100 gram yang diukur dengan menggunakan timbangan kue.
  • Selanjutnya siapkan biji fumayin sebanyak 10 gram yang kemudian digoreng selama 5 menit tanpa menggunakan minyak, setelah itu ambil isinya dengan cara mengupas kulitnya.
  • Kemudian siapkan tepung jangkrik yang sudah di buat tadi sebanyak 20 gram dan pakan ikan hias sebanyak 10 gram.
  • Veor crumble, fumayin dan tepung jangkrik dicampur kemudian dihaluskan menggunakan penggiling atau blender.
  • Setelah semuanya tercampur rata, maka tingga menghaluskan pakan ikan . jika sudah halus maka bisa langsung kamu campurkan dengan 3 bahan yang telah di campur terlebh dahulu. Kemudian simpan pakan dan biarkan suhunya menjadi normal, setelah itu bisa langsung kamu berikan pada burung pleci lomba.

Dan itulah cara untuk meracik pakan rahasia burung pleci lomba, jika kamu membuatnya banyak maka bisa kamu simpan pada wadah yang kedap udara agar pakan tetap berkualitas. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon