Senin, 18 September 2017

4 Jenis merpati hias

Burung merpati hias biasanya memiliki ciri yang unik pada bentuk atau bulunya. Ada banyak sekali jenis burung merpati hias sebagai bagian dari burung merpati pada umumnya.
Berikut ini adalah jenis-jenis merpati hias.

  1. Frillback Pigeon

4 Jenis merpati hias

Bentuk tubuhnya seperti pada umumnya. tetapi yang unik adalah keriting pada bulu-bulunya.
Memang burung merpati hias ini tidak begitu populer seperti merpati hias yang lainnya, meskipun burung dara hias ini tak kalah istimewanya. Ikal bulunya terletak pada bulu badan dan sayap. Jenis dara hias Frillback ini ada yang memiliki jambul dan ada yang tidak memiliki jambul. Pada ketegori merpati hias jenis ini kualitas akan semakin baik jika ikal bulunya semakin kokoh. Semakin ikal akan semakin baik. Biasanya warna yang sering ditangkarkan adalah warna hitam, putih, kebiruan, kemerahan, kekuningan, dan lain-lain. Warna kemerahan dan kekuningan adalah dianggap sebagai warna yang terbaik dan biasanya memiliki nilai paling tinggi.

      2. Old German Cropper

4 Jenis merpati hias

Beginilah bentuk salah satu jenis burung merpati hias yang unik ini. Sungguh unik dan menarik. Hemmm… Apakah anda terterik dengan jenis merpati hias yang satu ini? Tentu saja. Ini sangat menyenangkan.
Old german cropper merupakan salah satu dara hias yang dekat kekerabatannya dengan pouter. Kedua jenis merpati hias memiliki kesamaan karakter yaitu memiliki tembolok besar, berdirinya tegak, dengan badan dan pinggang yang langsing, serta memiliki kaki panjang. Salah satu cropper yang terkenal adalah english cropper. Ukuran burung merpati hias jenis ini termasuk tinggi karena dari ujung kepala sampai kaki bisa mencapai 50 cm. Lehernya membesar dan melengkung seperti bulan sabit. Warna bulunya memiliki bintik-bintik. Sayapnya memang agak memanjang seperti burung cockatiel atau parkit.

      3. Jacobin Pigeon

4 Jenis merpati hias

Sesuai namanya, burung merpati hias ini diberi nama Jacobin karena memiliki bulu-bulu di sekitar kepalanya yang mirip dengan topi yang dipakai oleh pendeta-pendeta jacobin. Burung merpati hias jenis ini memang berasal dari luar negeri. Biasanya merpati hias jenis ini diternakkan dengan warna-warna bulu putih, biru, hitam, merah, kuning, dan perak. Perhatikan bagaimana indahnya bulu di leher dan kepalanya ini. Wow menarik sekali. Burung merpati jacobin hias yang cantik dan menawan.

       4. Barb Pigeon

4 Jenis merpati hias

Merpati hias Barb merupakan jenis merpati mewah yang telah dikembangkan bertahun-tahun melalui pembiakan selektif. Sebenarnya, burung ini juga termasuk merpati peliharaan yaitu dari keturunan Rock Pigeon (columbia livia). Bulunya berwarna hitam dengan daerah lingkaran mata yang lebar, hidung besar, dan paruh yang unik. Sepintas merpati hias Barb ini mirip dengan merpati pos. Untuk selera orang lokal, mungkin jenis burung dara hias yang ini tidak terlalu menarik ya. Tetapi seringkali nilai seekor burung merpati tidak hanya yang bisa dilihat dari luar saja, tetapi histori dan asalnya juga menjadi kriteria dalam menentukan merpati hias yang bagus dan layak untuk dikembangbiakkan. Perkembang biakan burung hias Barb ini disebutkan oleh shakespeare dan juga telah diilustrasikan Charles darwin di dalam karyanya variasi hewan dan tanaman bawah domestikasi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon