Senin, 02 Januari 2017

Patek / Pigeon Pox

Patek / Pigeon Pox



Penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kulit / selaput lendir virus cacar ini tidak dapat menembus kulit yang tidak rusak. virus dapat memasuki kulit terluka. umumnya ditularkan melalu air liur, bisa tertular melalui pakan bersama dan air, atau ditularkan oleh nyamuk melalui gigitan. Nyamuk bisa membawa virus selama beberapa minggu dan kemudian mengirimkan ke burung Setelah melewati masa inkubasi 4 sampai 10 hari. Terlihat dari kulit yang berkembang menjadi sel epidermis pada permukaan kulit, memperbesar dan memproduksi virus. Sel ini menjadi menggelembung dengan cairan dan membentuk partikel virus, menyerupai sekelompok lepuhan kecil. burung terlihat ada benjolan berkerak pada bagian paruh, sekitar mata, kaki atau pada bagian kulit yg tidak tertutup bulu. didalamnya ada cairan kuning bisa meradang dan melebar, kadang jika parah paruhpun bisa copot dan kematian.

Pengobatan :  Tidak ada obat yang efektif terhadap virus ini. kita hanya berupaya membuat burung nyaman, memberikan ransum yang baik dengan banyak air minum, tapi bisa kita berikan anti biotik untuk pencegahan infeksi. Vitamin A dapat membantu meningkatkan penyembuhan kulit. Ada banyak cara orang berusaha untuk penyembuhan ada yang dibakar oleh rokok, ada yang menggunakan kapur sirih, ada yang mengupas habis patek, kadang perlakuan yang kita buat makin memperburuk keadaan dan burung makin strees. Untuk proses penyembuhan dan menghambat penyebaran saya menggunakan salep yang mengandung anti biotic KALMICETINE chloramphenicol
Pencegahan: Merpati dapat divaksin pigeon pox ( saya pribadi belum nemu vaksin ini di lokalan Indonesia ) jaga ketat kebersihan kandang agar tetap kering, desain kandang memperoleh sinar matahari cukup, siklus udara yang baik hindari terpaan angin langsung. Atau bagi burung anakan yang rawan terkena penyakit ini bisa diolesi salep KALMICATINE pada bagian kulit-kulit yang terbuka.

Salam Merpati Pos Indonesia AruLman

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon