Sabtu, 31 Desember 2016

Membedakan lovebird jantan dan betina yang terbukti


Bagi peternak atau breeder pemula mungkin akan sulit untuk memulai langkah-langkah awal beternak lovebird, sebenernya sih gampang tapi tingkat kesulitanya pada saat membedakan lovebird yang jantan dan betina,karena burung lovebird bisa menikah dengan sejenis jadi jangan terburu buru senang saat melihat telur ada di gelodok atau dikandang , saat ditunggu ko lama ga menetas ternyata telur isi nya kosong,
dan ada juga selama kawin 2 minggu lovebird tersebut tidak juga bertelur....
nah,,,ini berarti lovebird adalah jantan jantan dan begitu juga sebaliknya.
jika kira-kira burung lovebird tersebut bertelur setelah kawin 2 minggu dan bertelur 6 telur kemungkinan besar lovebird betina semua.untuk mengetahui ciri perbedaan lovebird jantan dan betina. saya sekedar membagi ilmu berdasarkan pengalaman saya:

Perbedaan dalam berbentuk fisik sebagai berikut :

1. Bentuk Ekor
Biasanya untuk lovebird jantan ekor nya terlihat lebih lancip dan untuk lovebird betina, yang ujung ekornya selalu melebar atau mengembang atau juga menyapu. Biasanya ini cukup dapat mengetahui jenis kelamin lovebird.

Membedakan lovebird jantan dan betina yang terbukti

2. Bentuk kaki saat tingkring atau bertengger
juga bisa menjadi dominan, saat tingkring atau bertengger biasanya burung love bird betina lebih dominan melebarkan kakinya dikarenakan bentuk tubuhnya yang besar untuk si jantan lebih dominan rapat,, dikarenakan bentuk tubuhnya yang biasanya agak lebih ramping.
3. Bentuk Paruh
untuk Bentuk paruh biasanya si jantan lebih runcing di lihat dari atas ke bawah dibandingkan pada bentuk paruh betina yang lebih lebar dari panggkalnya.
4. Bentuk Sayap
dan untuk Bentuk sayap sering juga dijadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina. Pada burung jantan, ujung dari sayap sering terlihat posisi menyilang. Sedangkan kalo burung betina dalam posisi ujung sayap lebih terbuka.



Membedakan lovebird jantan dan betina yang terbukti

Dalam Perbedaan Berdasarkan Tingkah Laku lovebird
1. Memberikan makanan
Pada saat berjodoh lovebird jantan biasanya meloloh kan ke betina,hal ini perilaku yang cukup untuk jadi patokan kita dan juga menetukan lovebird jantan dan betina. Tetapi tabel dibawah ini akan menjelasakan persentase kebenarannya
2. Membawa sarang
pengalaman saya,ini juga cara untuk mengetahui lovebird betina dan jantan, pada saat lovebird membawa sarang,beberapa lovebird jantan malah malas untuk mengumpulkan bahan sarang, lovebird betina lebih agresif membawa sarang dari pada lovebird jantan.

semoga membantu

Artikel Terkait

1 komentar so far

Salam kenal dari sesama lovebird mania, terimakasih telah memberikan informasi yang bermanfaat,
Lovebird Mania

Info lain:
Cara membedakan lovebird jantan dan betina
Download suara lovebird ngekek panjang


EmoticonEmoticon