Sabtu, 31 Desember 2016

Cara beternak murai batu medan sederhana

Kali ini saya akan membahas cara berternak burung murai batu medan yang sederhana.

Beternak burung memang menjadi sebuah keuntungan sendiri bagi para breeder, sebagian ada yg ingin mencari keuntungan dari ternak tersebut, namun ada beberapa juga karena hobi.
sebagian peternak, membudidayakan beberapa burung selain bisa memberikan keuntungan ada juga bisa menjadi sebuah kesenangan yang menghilangkan penat.
Salah satunya burung Murai Batu Medan.Nah, bagi kamu pecinta burung dan berniat menjadi breeder atau peternak burung jenis Murai Batu medan ini, sebagai pemula
ada tips menarik beberapa yang bisa kamu praktekkan.

1.Pertama Persiapan Lokasi
yg harus perhatikan adalah dimana burung tersebut akan kamu tempatkan atau tinggalkan, adalah lokasi ternaknya.untuk lokasi Pilihlah lokasi yang nyaman dengan penuh ketenangan, yang terpenting jauh dari jangkauan binatang buas.dengan ada nya kondisi tenang dan nyaman tersebut, burung Murai Batu Medan kelak akan berkembang lebih cepat dan hidup sehat.

2.Pembuatan Kandang
Cara berternak murai batu medan sederhana


Untuk pembuatan kandang yang harus di perhatikan adalah standar kandang dari burung Murai Batu medanmu.standar kandang ternak murai batu yg ideal dengan ukuran panjang 2m x L 1,5m x T 2M atau panjang 2m x L 1M X T 2M dan yang biasa dijadikan patokan bagi kandang burung Murai Batu Medan adalah bentuk kandangnya yang harus memiliki dasar langsung yg bersentuhan dengan tanah.
hal ini berfungsi agar kotoran burung tersebut bisa langsung diurai oleh hewan-hewan pengurai dalam tanah,sehingga tak menyebabkan penyakit untuk burung tersebut. Selain itu, kandang pun juga harus disekat, bisa di sekat dengan tembok, triplek, atau jenis lainnya. hal ini bertujuan supaya suhu di tiap petak kandang tetap baik bagi burung.dan ada juga yang harus di perhatikan dalam Letak nya kandang juga harus terlindung dari hembusan angin kencang yang bisa membahayakan burung.
Selain itu para peternak juga harus menyediakan sarang untuk tempat bertelur.

3.Indukan Murai Batu Medan.
Cara berternak murai batu medan sederhana

kalo ingin beternak, hal yang wajar yang paling tentu dibutuhkan yaitu menyiapkan indukan,,dan indukan itu yang terbaik supaya anak burung yang dihasilkan juga baik dan sehat.usahakan cari Indukan pejantan yang dipilih yang jinak yg tidak takut dengan kehadiran manusia, untuk umur yg lebih dari dua tahun supaya lebih matang dan siap membuahi, Selain umur juga, pilihlah pejantan yang gesit,lincah, yang memiliki nafsu makan bagus, bulunya bagus bersih, dan suaranya merdu.
Secara genetis akan bisa menurun pada anakannya. nah,,kalo untuk induk betina, pilih betina yang usianya sudah lewat 1 tahunan yang siap untuk bertelur,pilih yang lincah, sehat, tidak cacat fisik, bersuara merdu. sebenarnya sih sama dengan kriteria antara induk betina dan jantan,hanya yang membedakan yaitu pada usia nya.

4.Pakan Burung
Cara berternak murai batu medan sederhana

untuk burung Murai Batu Medan biasa nya menyukai makanan seperti jangkrik boss,, cacing, ulat hongkong, telur semut rangrang atau biasa disebut kroto.karna lebih baik Sediakan makanan yang alami saja,bertujuan agar pertumbuhan nya juga sehat. tapi Jika ingin menambah asupan makanan buatan secukupnya saja.

5.Pemeliharaan Anakan
Cara berternak murai batu medan sederhana

jika beberapa telur Murai Batu Medan menetas, di pastikan bahwa anak-anak nya tersebut tumbuh sehat dan dipelihara dengan baik.untuk Tempatnya pada kandang yang baik dan nyaman. dan Selain itu juga,pisahkan anakan yang agak menyimpang bertujuan supaya tidak mengganggu anakan yang tumbuh wajar. dan di Pastikan gizi para anakan ini terpenuhi dan cukup bertujuan agar bisa tumbuh sehat. Dengan begini nanti kelak bisa menjadi peternak ahli untuk burung Murai Batu Medan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon