Selasa, 17 Oktober 2017

Tips perawatan lovebird mabung yang benar agar cepet tuntas

Kepopuleran dan kecantikan warna burung lovebird memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. semakin banyaknya orang yang memelihara atau berternak dan semakin banyak juga event yang diadakan untuk burung lovebird. awalnya burung lovebird dipelihara karena mempunyai warna - warna yang bagus dan sekarang kicauannya menjadi salah satu keunggulan burung lovebird.
Bagi kalian yang juga ingin memelihara burung yang satu ini jangan sampai melupakan yang namanya perawatan. diKarenakan perawatan termasuk salah satu kewajiban dalam memiliki lovebird atau burung kicau. Banyak perawatan yang bisa kita lakukan mulai dari perawatan harian, perawatan cabut bulu, perawatan over birahi sampai yang saat ini akan coba aku bahas mengenai perawatan lovebird mabung.
Adapun ciri awal yang bisa kalian ketahui jika lovebird akan mengalami yang namanya mabung. Hal ini bisa kalian amati agar bisa dengan mudah dan mengetahui secara dini untuk lovebird yang mengalami mabung.
Tips perawatan lovebird mabung yang benar agar cepet tuntas


Ciri Lovebird Akan Mabung adalah :
  • Bulu lovebird akan terlihat agak kusam dari pada biasanya. Bisa dilihat dari warna yang biasanya kelihatan cerah yang enak dipandang dan menjadi lusuh dan kusam.
  • Bisa juga dengan ditandai suara burung yang tadinya gacor menjadi malas bersuara.
  • Bentuk ekor akan terlihat lebih acak atau tidak teratur seperti biasanya.
  • Kalau secara fisik jelas akan terlihat rontok dengan sendirinya tanpa dicabuti oleh burung itu sendiri dengan bertahap.
  • Jika kita coba dilakukan trek maka hasilnya kurang maksimal dimana bulu burung malah akan menjadi jabrik atau berdiri dan akan males untuk gerak. Selain itu juga sobat harus tahu kapan lovebird akan mengalami yang namanya mabung  apalagi mabung untuk yang pertama.
Usia Lovebird Mabung Pertama :

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menghadapi burung lovebird mabung adalah mabung pertama yang terjadi. untuk itu sobat harus mengetahui bahwa burung lovebird akan mengalami mabung pada usia anatara 3 bulan atau bisa lebih. setalah mabung pertama terjadi maka tidak selesai sampai disitu melaikan akan mengalami mabung lagi .setelah mabung pertama terlewati mabung selanjutnya akan terjadi 1 tahun sekali atau 2 tergantung pada dalam kondisi tubuh burung lovebird tersebut.

Berapa Lama burung lovebird mabung?

Ada sebagian sobat sobat  juga yang bertanya tentang waktu mabung yang terjadi pada burung lovebird.  dalam perhitungan untuk waktu yang dibutuhkan lovebird mabung tergantung pada kondisi burung saat itu,  jadi ketika burung mabung perlu yang namanya perawatan exstra, namun waktu yang dibutuhkan biasanya 2 – 4 bulan.

Berbicara tentang perawatan saat mabung admin  akan memberikan beberapa tips dalam hal tersebut termasuk pakan yang bisa diberikan saat lovebird mengalami mabung.

Perawatan khusus saat mabung adalah sebagai berikut :

Langkah pertama yang harus sobat lakukan dengan memisahkan terlebih dahulu lovebird mabung dengan yang lainnya dan jauhkan dari keramaian agar proses mabung berjalan dengan lancar.
kemudian kerodong full burung lovebird sobat, bila perlu dengan kain yang berlapis. akan tetapi sesekali harus di anginkan agar burung segar tidak terlalu stress. hal ini bertujuan membantu perontokan bulu dengan lancar karena suhu tubuhnya terjaga.
ketika burung lovebird sedang mabung jangan sekali – kali dimandikan, dikarena jika sobat memandikan burung lovebird yang sedang mabung akan memperlambat proses perontokan pada bulu dan yang terjadi malah alot susah untuk rontok. sebaiknya mandikan burung ketika bulu sudah rontok dan muncul bulu – bulu jarum.
jika masa mabung sudah masuk tahap terakhir dimana hampir semua bulunya rontok maka kita bisa memberikan EF lebih banyak dari biasanya seperti kangkung dan jagung serta kwaci dan tentunya diberikan secara bergantian.
itulah perawatan yang bisa kalian lakukan terhadap lovebird yang sedang mengalami mabung. sedikit tambahan, lovebird yang sedang mabung sangat cocok untuk diberikan pemasteran karena posisinya lebih cenderung diam dan banyak mendengar serta merekam. dengan demikian suara masteran yang diberikan akan lebih mudah menempel dan membuat lovebird ngekek panjang dengan mudah.
Selain cara perawatan yang bisa sobat lakukan di atas, admin juga punya tips serta perawatan khusus dalam menangani lovebird mabung.

Perawatan khusus saat mabung sebagai berikut :

Karena burung lovebird mabung jati dirinya melemah, jadi simpan lah burung lovebird pada tempat sepi dan lebih banyak dalam kerodong, sekalipun di anginkan jangan terlalu lama hanya dengan waktu 30 menitan saja.
ketika lovebird mabung yang dibutuhkan adalah kelembaban sehingga jangan sekali – kali burung di jemur dalam masa mabung.
Jika di atas admin sebutkan jangan memandikan lovebird yang sedang mabung akan tetapi bisa juga dengan catatan tidak terlalu sering. Memandikan lovebird yang sedang mabung bisa dilakukan 1 kali dalam 1 minggu.
biarkan burung lovebird dalam keadaan diam, jangan dipaksa untuk berbunyi. jangan berikan vitamin atau suplemen yang berfungsi untuk menambah kualitas bunyi atau pakan yang cocok untuk siap lomba.
berikan telur rebus pada lovebird mabung yang mampu menjaga dan membangun metabolisme Karena kita tahu telur mengandung biotin dan energy booster yang diperlukan burung saat mabung sebagai pengganti pakan lainnya.
burung lovebird selain mabung yang bisa menghabiskan bulunya dan itu memang merupakan hal yang wajar karena terjadi pada burung termasuk lovebird. kali ini sedikit berbeda karena bulu rontok yang terjadi pada lovebird bukan hanya karena mabung melainkan rontok karena cacingan, kurang protein, kurang vitamin dan bisa juga karena stress bahkan karena kutu.

Cara Singkat Atasi Bulu Rontok

  • Berikan Tambahan Vitamin 
Vitamin yang bisa diberikan berupa OrBird, vitamin ini berguna untuk mengurangi kerontokan pada bulu lovebird.
  • Lakukan Pemandian Khusus
Dalam memandikan lovebird kalian bisa gunakan air tembakau dan memang diyakini dapat mengatasi kerontokan bulu lovebird yang diakibatkan oleh kutu.
  • Perbanyak Makan Buah dan Sayur
Rontok bisa juga karena stress jadi bisa menggunakan buah dan sayur segar yang dapat menurukan tingkat stress pada lovebird.
  • Penggunaan Asam Linolet
Ini merupakan langkah terakhir yang dapat kalian lakukan. Asam linolet ini di yakini dapat memulihkan bulu rontok pada lovebird sehingga bisa memperbaiki dan membuatnya menjadi baik lagi.
Intinya dalam mengatasi burung lovebird mabung harus tenang dan dilakukan dengan telaten serta tahu waktu yang tepat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon