Sabtu, 03 Februari 2018

Cara setting CPU petamini digital berbagai versi

Mesin pom mini digital rakitan yang menggunakan berbagai macam alat ukur atau sensor, baik menggunakan sensor water plow sensor maupun assy meter, untuk kelas pom mini biasanya menggunakan sebuah CPU mini fuel dispenser yang dirancang husus menggunakan CPU yang di dalam nya terdapat program pada ic atmega yang dijual dipasaran sebagai salahsatu program komputer husus pom mini. Sampai saat ini sudah terdapat beberapa generasi ic program mulai versi 1 sampai sekarang yang baru yaitu versi 5, semua versi dirancang dan di rilis untuk menyempurnakan program cpu sebelumnya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara setting cpu pertamini digital berbagai versi, khususnya setting pada bagian cpu, hal ini dilakuka seperti setting kalibrasi, mengatur jumlah nominal tombol praktis A dan B atau p1 dan p2, serta merubah harga jual bahan bakar minyak, bagi para perakit pom mini, hal ini sudah menjadi pekerjaan sehari hari dan sudah mahir dalam hal mengatasi berbagai macam masalah yang sering terjadi pada mesin pom mini khususnya bagian komputer cpu nya.
Masalah setting dan kode cpu pom mini menjadi hal yang menakutkan bagi orang yang baru mau memulai usaha jualan unit mesin pom mini rakitan, mereka yang ingin mulai mencoba melakukan pembuatan dan perakitan pom mini merasa segan dan bingung dalam hal masalah mengatur cpu pom mini hususnya bagian kode nya, untuk mengatasi hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tentang cara setting berbagai macam versi cpu pom mini digital, cara yang kami sajikan bertujuan memudahkan bagi anda yang sedang kebingungan mencari kode dan mengatur komputer mesin pom mini digital.
Cara setting CPU petamini digital berbagai versi

Yang akan kami bahas adalah jenis cpu dengan menggunakan ic program yang kami kenal, namun sepengetahuan kami semua program ic yang beredar di pasaran rata rata memiliki kode program yang sama, sehingga bagi yang baru mengenal mesin pom mini jangan hawatir karena biasanya kode yang digunakan sama saja, hanya kadang ada sedikit perbedaan dan masalah itu bisa langsung ditanyakan pada penjual sparepart pom mini tersebut tanpa harus bingung.
Ok kita langsung saja cara setting  pom mini digital berbagai versi.
  • Cara merubah harga jual bbm pada layar display.
Kode 1015, kode ini berfungsi untuk merubah nominal angka dan nilai jual per liter, dan jika sewaktu waktu harga jual bbm akan dirubah.
Caranya :
Tinggal masukan saja kode 1015 lalu enter atau pagar, hapus nominal yang sudah ada dengan menggunakan clear atau bintang lalu masukan nominal yang diinginkan dan terakhir tekan pagar. Ada juga yang memasukan kode 1015 lalu enter atau pagar lalu langsung masukan nominal harga yang diinginkan terus pagar.
  • Cara cek pengeluaran literan harian kode = 123, 
Cara ini berguna untuk mengecek jumlah pengeluaran bensin yang sudah terhitung oleh system mesin.
Caranya :
Tekan 123 lalu enter atau pagar maka layar display akan menunjukan jumlah literan yang sudah terjual atau dikeluarkan oleh mesin pom mini yang tersimpan dalam trekaman cpu komputer pom mini.
  • Cara reset pengeluaran.
Kode 1379, cara ini berguna untuk mereset jumlah pengeluaran yang telah terekam oleh system cpu pom mini, jika pada keterangan cek literan terdapat nominal jumlah pengeluaran, dan untuk mengembalikan ke angka nol maka bisa menggunakan ode 1379.
Caranya :
Tekan kode 1379 lalu tekan enter atau pagar maka akan muncul perintah reset, tekan nol dan biasanya cpu akan mereset jumlah pengeluaran yang tersimpan.
Jika dimasukan angka 1379 dan tidak mau mereset setelah ditekan angka nol maka tekan angka nol dan jangan dilepaskan sampai keterangan reset selesai dan kembali ke angka jumlah pengeluaran nol, ini biasanya terjadi pada jenis ic yang lain, ada juga yang menggunakan pasword ketika memasukan kode 1379 dan meminta memasukan pasword maka tinggal masukan saja paswordnya sesuai yang diberikan penjual cpu lalu tekan angka nol.
  • Cara Setting kalibrasi dan edit toleransi literan.
Kode 1013, kode ini berguna untuk menyesuaikan jumlah literan sehingga takarannya pas dan akurat dengan memberi toleransi pada setiap literan, misalnya jka menekan angka satu liter maka seharusnya keluar BBM sebanyak satu liter, namun jika kurang atau lebih satu liter maka perlu dilakukan set kalibrasi literan.

Cara menggunakannya adalah :
  • Dengan memasukan kode 1013 lalu tekan enter atau pagar, kemudian pada angka yang muncul tambahkan kelipatan 2 jika literan kurang, dan kurangi angka 2 jika literan lebih dan seterusnya.
  • Dan ada juga yang dengan memasukan kode 1013 lalu tekan enter atau pagar, kemudian pada tampilan layar display menu muncul tulisn EDIT PULSER lalu ketik kode 360 terus pager. Angka kode 360 adalah angka standardisasi yang nantinya dirubah bisa dikurangi atau ditambahi dengan kelipatan 5 disesuaikan pas atau tidaknya takaran liternya. ( Misal 365 370 375, 380, 385 ), dan seterusnya.
  • Kemudian di tampilan menu muncul tulisan ( EDIT SOL2 REM ) pastikan sudah tertulis 0 (nol),jika tidak 0 maka ketik 0 (nol) kemudian TEKAN PAGER.
  • Kemudian ditampilan menu muncul tulisan "EDIT TOLERANSI" pastikan sudah tertulis 0(nol) jika tidak 0 maka ketik 0 (nol) kemudian TEKAN #
  • Lalu mulai percobaan pengisian untuk cek akurasi pas atau tidaknya takaran liter.
  •  Tekan C agar tampilan dilayar menu muncul  tulisan ( MASUKAN LITER )
  • Tekan 1 dilanjutkan tekan 0 0, dan kemudian tekan pager #
  • Lakukan pengisian kegelas ukur, silakan dicek apakah takarannya pas, kurang atau lebih.
  • Jika kurang maka kembali ulang dari awal lagi dengan memasukan kode 1013.lalu dirubah menjadi 365 atau 370.sampai ketemu di angka yang pas.
  • Cara setting tombol P1 dan P2, atau tombol A dan B.
Tombol P1 dan P2 atau A dan B adalah tombol praktis yang biasanya diisi dengan nominal angka rupiah dimana kebanyakan orang sekitar membeli dengan angka nominal tersebut, seperti jika kebanyakan orang membeli BBM seharga 5000 dan 10.000 maka kedua tombol praktis bisa kita ubah dan setting menjadi angka 5000 dan 10.000.
Misalnya P1 disetting 5000 dan P2 disetting 10,000, jadi jika ada yang membeli BBM dengan nominal 5000 maka tidak usah repot tekan angka 5000, karena cukup dengan menekan tombol P1 atau P2 yang telah kita setting menjadi 5000.
Caranya :
Tekan P1 atau A lalu masukan nominal yang diinginkan dan kemudian tekan lagi P1 atau A dan selesai, untuk pengaturan P2 langkahnya sama dengan pengatur P1.
Dan bila mana itu tidak bisa ada juga cara lainya bedanya hanya menekan bintang.
Sebagai berikut :
Tekan (P1) atau (A) lalu tekan (Bintang)masukan nominal yang diinginkan dan kemudian tekan lagi P1 atau A dan selesai, untuk pengaturan P2 langkahnya sama dengan pengatur P1
  • Terdapat pula menu cek stok namun menu ini masih jarang, jadi jika anda membeli sparepart pom mini sebaiknya langsng minta kode kode settingnya pada pihak penjual untuk berjaga jaga bahwa kode yang banyak beredar di internet mengalami perubahan, seperti halnya kode yang kami publikasikan di atas.
Nah itu lah cara seting dengan panduannya. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon