Kamis, 07 Desember 2017

Penyebab telur merpati tidak menetas

Pernah kah sobat mempunyai burung merpati yang telurnya tidak menetas?? yah pastinya sobat pernah mengalaminya bukan hanya pemula seniorpun juga pernah mengalami hal seperti itu. Dan kali ini admin akan membahas beberapa faktor penyebab telur merpati tidak menetas. Banyak hal yang menyebabkan telur merpati tidak menetas, tapi sebelumnya sobat juga harus tahu terlebih dahulu berapa lama telur merpati dari keluar sampai menetas. Telur merpati bisaanya menetas pada waktu 18 s.d 20 hari. Nah jika ada telur yang tidak menetas di rentan waktu itu maka sudah di pastikan tidak akan menetas dan sang induk juga sudah mengetahui hal tersebut sehingga meninggalkannya.
Penyebab telur merpati tidak menetas
Berikut ini adalah beberapa factor penyebab telur merpati tidak menetas :

1. Kurangnya Vitamin : 

  • Indukan merpati yang kekurangan vitamin juga akan menyebabkan kondisi telurnya kurang bagus sehingga gagal menetas. Sudah pasti solusinya gampang sekali kita cukup memberikan vitamin atau grit yang cukup agar nantinya telur merpati dalam keadaan normal dan dengan mudah menetas.
2. Suhu Exsrim :

  • Bisaanya jika keadaan suhu sedang extrim baik panas sekali ataupun sebaliknya maka bisa menyebabkan telur merpati gagal menetas. Makanya kalau cuaca sedang tidak stabil aku sarankan untuk menyimpan merpati yang sedang mengerami telurnya di tempat yang bersuhu normal (tidak langsung terkena sinar matahari dan angin – angin kencang).
3. Gangguan : 

  • Gangguan disini maksudnya gangguan yang diakibatkan oleh hewan dari jenis lain yang suka menganggu diantaranya kucing, semut, cicak dan yang lainnya. Karena kondisi telur harus benar - benar netral tidak ada gangguan apapun termasuk juga guncangan.
4. Faktor Indukan : 

  • Hal ini terjadi karena bisaanya ada juga merpati yang tidak terlalu peduli dengan telurnya alias jarang mengerami dan hal ini sering terjadi pada burung merpati yang masih muda.
5. Telur Infertile : 
  • Jangan heran apabila ada telur merpati yang tidak menetas tapi pas kita periksa ternyata tidak ada isinya alias kosong tapi agak sedikit berbau amis tidak bau busuk. Ada beberapa factor yang menyebabkan tidak adanya janin atau disebut telur infertile diantanranya adalah :
  1. Indukan merpati umurnya masih belum matang untuk dibuahi. Agar hal itu tidak terjadi bisaanya para peternak merpati mengawinkan burung merpati pada umur 2 tahunan dan itu termasuk usia matang serta bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas.
  2. Merpati yang sel telurnya kering sehingga tidak dapat dibuahi atau sering disebut juga merpati mandul.
  3. Pada saat kawin tidak sempurna, bisa karena ada salah satu sel kering baik di jantan atau betina. Bisa juga karena saat sedang kawin terhalang oleh bulu dibagian dubur indukan.
Sedikit saran jika ingin mengawinkan burung merpati di umur muda sobat harus diperhatikan dalam pemberian vitamin agar tidak ada telur yang kosong dan harus sobat beri makan yang cukup agar burung merpatinya tidak selalu pergi keluar ( keluar kandang ).
                                                        semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon