Jumat, 08 Desember 2017

Merawat bulu merpati rusak atau kusut

Bulu yang berada pada burung merpati memang harus benar - benar di perhatikan kebanyakan hal ini dianggap sepele padahal bulu merpati yang rapih juga berpengaruh tidak hanya terlihat gagah ( ganteng ) untuk kinerja juga pastinya.apalagi burung merpati tersebut untuk di tandingkan, Karena bulu juga berpengaruh terhadap kecepatan yang didapat oleh burung tersebut. Jadi bila bulunya rusak atau kusam maka kecepatannya juga akan terpengaruh, seperti yang kita ketahui bahwa bulu yang ada pada merpati berfungsi untuk mendorong udara supaya bisa melaju dengan begitu cepat. Penyebab bulu merpati kusut memang berbeda – beda, dimulai dari hal yang ternyata sobat sendiri pelakunya yaitu pada saat menerbangkan merpati, otomatis merpati kita pegang nah karena terburu - buru juga biasanya tidak terlalu memperhatikan posisi dari merpati terutama bulunya yang terpegang oleh sobat sehingga bisa mengakibatkan kusut atau rusak. Selain sebagai penunjang kecepatan bulu merpati juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, kan tidak lucu apabila ada burung merpati yang mau ditandingkan bulunya kelihatan kusut seperti yang tidak dirawat dengan baik apalagi merpati hias, bisa – bisa nilai jualnya berkurang. Tapi bagi merpati balap atau tinggian tidak masuk kategori penilaian yang penting cepat atau masuk kolong, cuman tidak enak dipandang saja.
Merawat bulu merpati rusak atau kusut

Nah langsung saja sekarang saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang caranya merawat bulu burung merpati yang rusak atau kusut agar terlihat lebih menarik lagi. Sebenarnya tidak terlalu sulit yang penting butuh keterampilan serta ketekunan saja.
Dan berikut ini adalah caranya :
  • Mandikan Burung Merpati Yang Bulunya Kusut
Cara ini meruapakan cara paling efektif karena yang namanya bulu biasanya dapat lurus kembali apabila terkena air dan alangkah lebih bagusnya lagi ditambahkan shampo agar lebih halus dan juga bisa membunuh kutu yang ada ( apabila ada )

Langkah – langkah Memandikan Merpati
  • Sediakan ember yang berisi air
  • Masukan shampoo dan aduk hingga rata
  • Masukan merpati kedalam ember tersebut “jangan dilelepkan”
  • Usap – usap bulunya dengan perlahan
  • Gunakan Anti Septic  (Rodalon )
Cara ini juga cukup membantu dalam mengatasi bulu merpati yang kusut dan juga bisa membunuh kutu serta virus dan bakteri yang nempel.
Langkah – langkah Menggunakan Anti Septic
  • Sediakan alat semprot, campurkan air dan rodalon sesuai dengan takaran atau aturan dalam kemasan rodalon tersebut.
  • Semprotkan cairan tadi ke burung terutama pada bulu yang kusut atau rusak.
  • Jemur burung di tempat yang tersinari matahari.
Cukup mudah bukan dan tidak perlu pergi kesalon hewan cukup dengan menggunakan air, shampoo atau radolan dan sejenis anti septic lainnya. Hal ini bisa sobat lakukan dirumah oleh sendiri.

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon