Rabu, 23 Agustus 2017

Cara memperbaiki merpati yang ndelosotan atau glosor

Memperbaiki merpati yang ndlosotan atau glosor

Merpati yang ndlosotan kadang membikin kita greget esmos jengkel dll. banyak pertanyaan - pertanyaan kenapa begitu kenapa begini jadi emosi nih kalo inget dulu merpati ada yang begitu tapi alakah baiknya sebelum esmos kita koreksi dahulu kenapa merpati bisa ndlosotan atau ada beberapa faktor seperti dibawah ini :

  • Dalam kodisi fisik dan stamina yg belum siap 
  • Bisa dengan cara latih yang tidak sesuai 
  • Burung terlalu agresif kebetina
  • Burung terlalu mapan 
  • Sudah dalam karakter merpatinya 
Memperbaiki merpati yang ndelosotan atau glosor
Jika burung sobat mengalami seperti ini

Dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa untuk dijadikan solusinya :
  1. Jika kondisi fisik dan stamina yang belum siap kita rutin mengkompres merpati jantan dengan air hangat dibagian ketiak dan dadanya pada saat betina ngeram telor, baik pagi atau malam hari dilakukan sepanjang ngeram sampai bongkar telor.penjemuran merpati jantan saat betina ngeram , dua atau tiga jam pada saat betina ngeram di pagi atau siang Hari dari jam 9 pagi sampai jam 11 siang, sebagian pendapat dari temen ditegal yang mengatakan 4 sampai 5 jam dengan alasanya untuk mendapat stamina dan nafas yg kuat. dan pemberian pakan harus mencukupi dengan teratur  setiap harinya, konsumsi makanan tambahan seperti nutrisi dan vitamin pemberian kacang tanah 3 butir disore hari dalam seminggu 3 kali. 
  2. Cara melatih tidak sesuai : calon player yang memang belum siap fisik atau stamina alahkah baiknya berhati - hati dalam melatih atau pada saat memilih gandeng, cari burung pelatih yg sifatnya menuntun kecepan atau sprint sedang tidak nakal saat terbang serta tidak mau turun sebelum betinanya digeber atau diklepek, jika burung yang dilatih sprint belum siap jangan di gandeng dengan player yg memiliki sprint kencang karena bisa mengakibatkan burung down bisa merusak mental berakibat fatal,( Jangan dipaksakan ) dan ini bisa menjadi kebiasaan buruk bagi calon player nantinya.                                                                                                              baca juga: cara melatih merpati bahan hingga siap lomba
  3. Burung terlalu agresif : Bagi burung yang agresif hendaknya di beri gandeng dengan pelatih atau untulan yang menuntun tapi tak mau meladeni gaya terbang lawan sprint kencang tapi ga mau turun hanya menuntun calon player yang dilatih untuk mengantar hingga tepat ke atas ring kolong saja,tapi jika tidak menemukan pelatih yang seperti itu cari pelatih atau untulan yg terbangnya selalu didepan posisi lawan tapi tidak ndelosotan atau glosor.
  4.  Burung telalu mapan : Bagi burung yang terlalu mapan bila sudah terbangin dengan jarak deket atau di balap - balap coba terbangkan sedikit lebih jauh langsung dengan pelatih atau untulan, jika cara itu tidak mempan apa boleh buat cobalah pindah lapak baru dengan semangat baru dan suasana baru,siapa tahu calon player mau terbang naik dan bisa sampai di atas ring kolongan seperti keinginan kita dan bisa digeber serta masuk kolong dengan ending dan gaya yang sempurna.sesuai pengalaman saya burung akan rubah tidak ndlosotan.
  5. Sudah dalam karakter : jika memang sudah dalam karakter saran saya alahkah baiknya burung dijadikan babu dan diganti burung merpati lain. lihat juga cara memperbaiki merpati yg rusak ngebuang klik disini

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon