Sabtu, 25 Februari 2017

Cara merawat merpati kolong atau tinggian untuk lomba

Cara ini sangat sederhana dan sudah banyak para penghobi yang menerapkan untuk merpati saat akan lomba. bukan halnya perawatan harian saja perawatan saat akan lomba juga dianjurkan dengan sebaik -baik mungkin agar burung jadi Vit atau segar.apa lagi burung kita ini terbilang bagus jika perawatan kurang baik kinerja burung akan tidak memuaskan.ada cerita tentang teman saya dia merpatinya dibilang bagus akan tetapi siteman saya ini  tidak memperhatikan merawatannya lama kelamaan saat diperlomba kinerja burung menurun tidak sesuai yang diharapkan akhirnya lama kelaman burung tersebut dijual dan sipemilik baru ini merawat dengan baik dari segi perawatan harian hingga saat akan diperlombakan pada akhirnya burung tersebut sangat memuskan pemiliknya.
nah begitulah perawatan sangat dianjurkan karna sebagus-bagusnya merpati kalau perawatannya kurang baik atau burung tersebut tidak Vit akan kalah dengan burung yang vit yang kualitasnya burung sama rata.
Maka dari itu merawat burung merpati yang akan dilombakan atau perawatan harian sangatlah penting agar burung tersebut vit dan kinerjanya bisa maksimal melalui dengan perawatannya.

Berikut ini adalah cara merawat merpati saat akan dilombakan:
Cara merawat merpati kolong atau tinggian untuk lomba

baca juga : cara memperbiki merpati yg ndelosotan atau glosor
  • Malam sekitar jam 19:00 tepatnya pada hari minggu burung cabut telor,telor diambil dari sangkar
  • Keesokan hari burung di mandikan sehingga basah kuyup lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai bulu-bulu merpati kering dalam posisi penjemuran  jantan diatas betina dibawah.
  • Sehabis dijemur burung merpati diangin-anginkan sekitar 40menit kasih minum pakan jagung sedikit saja sekitar setengah genggam tangan.
  • Sehabis diangin-anginkan burung masukan kandang atau gupon
  • Disore hari burung dikeluarkan kasih makan  atau bisa juga makanannya dioplos sama beras merah dengan oplosan jagung lebih banyak dari pada beras merah.
  • Pada keesokan hari tepatnya pada hari kedua lakukan hal yang sama seperti pada hari kesatu mandikan dan jemur,kasih makan sedikit masukan kegupon sore hari keluarkan merpati kasih makan.bedanya pada hari kedua dimalam hari burung dikawinkan minimal kawin 1x, pada hari kedua biasanya burung sudah mulai kawin, lalu beri suplemen agar burung merpati menjadi vit dengan cara dilolohkan diberikan setiap hari mulai dari hari kedua sampai pada hari lomba.
  • Pada hari ketiga lakukan hal yang sama pada hari kedua mandikan,jemur,diangin-anginkan, kasih makan. masuk gupon, sore hari kluarkan burung kasih makanan oplos malam hari kawinkan, kasih suplemen lalu masukkan gupon.
  • Pada hari keempat biasanya burung sudah giring. perawatan hari keempat burung tidak usah dimandikan atau dijemur hanya dihangatkan saja dibawah sinar matahari cukup 5menit.sore hari boleh saja dibawa kelapak atau boleh saja di pus-up naik turun saja buat melemaskan otot.
  • Hari kelima burung mulai giring keras bawa kelapak.sebisa mungkin untuk bawa kelapak dalam kondisi burung giring keras.
  • Hari keenam dan ketujuh siap untuk kelapak untuk mengikuti lomba lihatlah perbedaannya.

Begitulah tips tipsnya agar burung merpati anda menjadi vit dan kinerja memuaskan pemiliknya.
soal kejuaran adalah rejeki tergantuing dari rejekinya manusia hanya berusaha sebaik mungkin.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon