Rabu, 01 Mei 2019

Tips memilih reel spinning pancing yang bagus dan kuat

Jika sobat ingin membeli reel pancing ada baiknya jika sobat mencari cari tentang memilih reel yang bagus. Ada banyak reel pancing yang tersedia di pasaran dan bagaimana menentukan gaya yang tepat untuk sobat ?
Hal ini terutama berlaku jika sobat baru dalam memancing dan mencari reel pertama sobat. Dua style reel yang paling populer adalah baitcast ( juga dikenal sebagai BC ) dan ada juga spinning.
Meskipun pilihan tergantung pada preferensi pribadi sobat terhadap style reel, ada keuntungan bagi keduanya dan satu kemungkinan lebih sesuai dengan gaya memancing sobat dari pada yang lain.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang style reel spinning

Tips memilih reel spinning pancing yang bagus dan kuat

Reel atau penggulung senar merupakan salah satu bagian penting dari perlengkapan memancing yang juga harus diperhatikan penggunaannya.
Fungsi Reel adalah memudahkan pemancing menarik ikan atau melempar umpan. Selain teknik apa yang akan digunakan saat memancing, hal lain yang juga harus diperhatikan dalam memilih reel adalah ukurannya.
Bagaimana dan apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih reel pancing?

Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan dalam memilih reel pancing sebagai berikut: 

1. Memilih Ukuran Atau Size Reel Pancing Yang Tepat :

  • Saat sobat membeli reel hal pertama yang wajib sobat tentukan adalah size atau ukuran reel. Pilih reel sesuai spot atau tempat sobat akan memancing. Apakah itu sungai, kolam, rawa, danau, muara atau laut. Selain itu sesuaikan dengan target ikan yang akan sobat pancing. Untuk ukuran reel biasanya menggunakan size ukuran 500 - 20000. 
Catatan :

  • Size atau ukuran 500-1000 :  Cocok digunakan dikolam Harian, Sungai, Rawa dan Danau (Frees Water).  Teknik Memancing : Casting dan Kolam Harian.


  • Size/Ukuran 1000-2500 : Cocok digunakan di Kolam, Sungai, Rawa, Danau, Muara bahkan di Tepian Pantai. Teknik Memancing : Galatama Lele/Mas, Casting dan Kolam Harian.

  • Size/Ukuran 2500-3000 : lebih Cocok digunakan di Kolam Monsterfish, Koncer mancing Tenggiri, Muara, Tepi Pantai dan sungai. Teknik Memancing : Light Jigging, Buttom fishing (teknik Dasaran), Koncer dan Galatama Patin/Bawal.
  • Size/Ukuran 4000 keatas : Sangat cocok digunakan di Laut (Salt Water).Teknik Memancing : Dasaran, RockFishing, Surf Fishing, Jigging dan Popping.
2. Memperhatikan Kualitas Drag System Reel Pancing
Tips memilih reel spinning pancing yang bagus dan kuat


  • Sistem drag pada spinning reel adalah salah satu aspek yang paling penting dari reel itu sendiri. Drag bertanggung jawab untuk memberi tekanan kepada ikan yang terpancing dan membiarkan senar keluar selama tarikan atau pertempuran. maksudnya jika tarikan ikan melebihi drag maka spool reel akan berputar balik dan senar akan terulur keluar, sebaiknya jangan menyeting Drag sampai mati atau maksimal karena bisa merusak gear di dalam reel atau malah sobat yang akan tercebur ke laut sebab tubuh sobat yang jadi penahan. Tanpa drag yang baik dan halus berkualitas tinggi risiko senar putus dan kehilangan ikan selalu menjadi kemungkinan tertinggi. Selalu pastikan bahwa reel yang akan sobat beli memiliki drag yang mulus, non-konstriktif. Senar harus tertarik keluar dengan mantap dan tanpa ragu-ragu.

3. Perbandingan Gear Ratio Reel Pancing
Tips memilih reel spinning pancing yang bagus dan kuat


  • Gear rasio merupakan perbandingan berapa banyak putaran per satu putaran handle. Misalnya Gear Ratio 3:1, artinya Spool akan berputar sebanyak 3 kali setiap sobat memutar handle atau pegangan. 
  • Sekarang banyak sekali reel yang mempunyai gear ratio yang tinggi sampai 6:1 namun pastinya harganya juga sepadan. Sebaiknya gunakan saja reel dengan gear ratio sedang antara (4:1 - 4.5:1) Ini dianggap putaran reel yang lambat krn tidak banyak senar yang diambil selama proses pemutaran. Manfaatnya adalah bahwa gulungan memberikan torsi lebih untuk mancing ikan besar. 
  • Sebuah rasio 6:1 dianggap kecepatan tinggi. Tergantung pada gaya memancing sobat, high, slow atau medium speed rate yang diperlukan. Jika sobat hanya dapat memilih satu reel spinning, cobalah untuk memilih model kecepatan sedang (4 – 4.5:1). Namun, jika Anda mampu beli lebih dari satu reel, pilihlah yang high speed dan slow speed untuk mengcover semua keadaan. Untuk jigging dan mancing dasar biasanya menggunakan rasio di bawah 4,9:1 untuk popping dan casting gunakan rasio 5,0:1 ke atas.

4. Pentingnya Komponen Ball Bearing di Reel Pancing

  • Spinning reel dilengkapi ball bearing atau Bushings yang ditempatkan dalam badan untuk kelancaran, dukungan dan stabilitas. Kebanyakan spinning reel juga berisi bantalan roll dalam roller line. Lebih banyak ball bearing maka putarannya akan lebih halus. Sealed stainless steel bearing lebih disukai dari pada bushing untuk tambahan ketahan dan kontrol)
  • Pilih reel dengan ball bearing paling banyak bila anda mampu. Minimal, dapatkan reel dengan setidaknya empat ball bearing. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki reel yang tidak bekerja dengan baik, atau tidak halus pada waktu menggulung, jadi cobalah untuk tidak terlalu irit saat sampai ke bagian pembelian reel ini.

5. Anti-Reverse Handles Pada Reel Pancing
Tips memilih reel spinning pancing yang bagus dan kuat

  • Anti-reverse handles adalah prasyarat ketika mencari spinning reel sempurna. Fungsi ini hanya berarti bahwa handle tidak akan berputar balik yang berarti bahwa set hook akan lebih kuat dan akurat karena kurangnya “main” di pegangan reel. Kalo masih ada putaran balik mendingan cari reel lainnya.( one way )

6. Perhatikan Ukuran dan Bahan Spool
Tips memilih reel spinning pancing yang bagus dan kuat


  • Spool berfungsi sebagai tempat dimana senar digulung, semakin besar ukuran spool tentunya semakin panjang pula senar yang bisa digulung. Selain itu spool juga berfungsi sebagai panahan senar. Kebanyakan Reel pancing memiliki spool yang terbuat dari aluminium anodized atau Grafit. Sehingga spool akan lebih ringan dan nyaman saat dipakai. Sedangkan bahan alumunium memiliki daya tahan dan kekuatan yang lebih besar. Saat ini ada juga reel dengan spool model long cast spool yang lebih dangkal namun panjang. Bentuk spool yang panjang akan mengurangi gesekan senar sehingga mengurangi resiko putus senar.

Artikel Terkait