Minggu, 29 Januari 2017

Mengobati kaki burung merpati pincang,kesleo,terkilir

Apa sobat pernah burung merpatinya mengalami pincang kaki atau mungkin saat ini mengalami dengan tiba-tiba berjalan pincang dan kakinya membengkak atau lumpuh tanpa sebab padahal keadaan badan sehat dan segar. jika merpati sobat mengalami masalah seperti diatas  kemungkinan besar burung sobat terkilir atau keseleo.

Berikut ini beberapa faktor penyebabnya burung terkilir atau kesleo.
 
  1. Jatuh atau turun yang tak terkontrol
  2. Atau bisa juga menabrak sangkar karna berkelahi dengan burung lainya.

Burung merpati yang sering terkilir (kesleo) adalah pergelangan kaki, jemari, atau lengkungan telapak kaki dan sayap, biasanya burung yang terkilir langsung diikuti terjadinya pembengkakan dan kulit berwarna gelap karena adanya perdarahan sehingga burung sulit menggerakkan bagian tubuh dan bergerak akan tidak stabil, jika sendi burung anda tidak bisa berfungsi, kemungkinan terjadi keretakan, bila kerusakan ligamen yang serius atau dengan terlihatnya burung merasa kesakitan yang sangat serius yang terlihat susah menggerakkan sendi, Maka harus segera cepet diatasi agar tidak fatal atau bertambah parah.

Mengobati kaki burung merpati pincang,kesleo,terkilir

cara mengobati penyakit tetelo pada merpati dan pencegahannya klik disini

Luka yang terkilir ada beberapa kelompok, sesuai dari tingkat keparahan, yaitu:
  • Kesleo atau terkilir ringan,terjadi hanya pada peregangan dan memar pada otot atau ligamen. biasanya pada jenis ini terkadang burung tidak merasa kesakitan.
  • Kesleo atau terkilir sedang,dengan adanya robekan pada ligamen,robekan bisa saja terjadi robekan kecil bisa juga besar, diperilakukan burung akan malas berjalan karna Rasa nyeri,bengkak, dan juga memar yang terjadi lebih berat daripada jenis yang pertama.
  • Kesleo atau terkilir berat, sendi tidak lagi stabil atau ligamen putus sehingga tidak stabil. biasanya ada perdarahan disekitar robekannya, yang tampak akan menjadi memar hebat,kesleo sedang atau terkilir berat dapat disertai pergeseran tulang, tapi tidak semua dengan demikian.
Cara Menangani burung terkilir :
  1. Bagian yang terkilir kompres dengan air es, lalu keringkan dengan tisu.
  2. Jika memungkinkan untuk diperban dibagian yang kesleo atau terkilir lakukan pemerbanan dibagian yang terkilir dengan sedikit sereh dilapisi kapas secukupnya lalu diisolasi melingkar .
  3. Jika tidak memungkinkan untuk diperban oleskan minyak tawon pengurang rasa nyeri sekaligus anti peradangan ke bagian yang terkilir.
  4. Untuk mengurangi pembengkakan,bisa diberikan ramuan tradisional,dengan cara parut jahe dan taburi sedikit garam, lalu oleskan dibagian burung yang terkilir, lakukanlah dua kali sehari untuk pagi dan sore atau tumbuk sedikit sereh dan sedikit air lalu balurkan atau oleskan ramuan ini kebagian yang terkilir.

Artikel Terkait

2 komentar

Maafsebelum nya🙏 apakah kaki burung merpati (terutama nya jari nya) yang putus dapat tumbuh kembali? Dan bagaimana cara pengobatan nya supaya burung tidak malas jalan/terbang?
Terimakasih

kalau luka dan bengkak habis potong ring obatnya aapa ya


EmoticonEmoticon