Rabu, 13 Desember 2017

Mencegah dan menjinakan burung merpati liar

Mencegah dan menjinakan burung merpati liar.Burung merpati itu tidak semuanya penurut atau jinak, ada juga merpati yang liar dan susah untuk dijinakan. Baik itu merpati balap, tinggian maupun merpati hias. Apalagi untuk merpati balap atau tinggian, gimana mau melatihnya kalau megang merpatinya saja sulit karena liar selain itu merpati yang masih liar juga sulit untuk digeber karena bisaanya hanya membukakan sayapnya saja tanpa digeberkan, Hal seperti sangat disayangkan apa lagi burung tersebut adalah burung yang sobat sukai. Nah untuk itu saya akan membahas dan ada beberapa tips dan cara agar bisa menjinakan burung merpati dengan mudah cukup dengan perawatan yang maksimal.
Mencegah dan menjinakan burung merpati liar

Berikut ini adalah caranya :

  1. Kurung Merpati : Jika merpati sulit untuk di pegang maka salah satu caranya kurung merpati kurang lebih 1 minggu s.d 1 bulan agar terbisaa hidup dengan perawatan sobat.                           
  2. Mandikan Merpati : Selain dikandangkan merpati juga wajib dimandikan sampai basah kuyup. Bisa dengan cara memasukan merpati kedalam ember, tapi jangan terlalu lama nanti susah napas.                                                                                                                                      
  3. Penjemuran : Setelah burung merpati dimandikan burung dijemur atau keringkan merpati dari sinar matahari sampai bulu burung bener - bener kering .                                                               
  4. Merpati Sering di Dekati dan di Pegang : Selain di kurung dan dimandikan, sobat cukup selalu mendekati merpati yang ada di kurung dan sesekali di pegang agar semakin akrab dengan catatan jangan mengagetkan merpati karena nantinya akan semakin sulit di jinakan.

Cara mencegah supaya merpati tidak liar :

  • Manjakan merpati sejak masih piyik bisa dengan cara sering memegangnya agar terbisa dengan bau tangan kita dan apabila sudah besar tidak akan merasa aneh lagi sehingga besar kemungkinan nantinya akan jinak.
  • Indukan juga berpengaruh terhadap merpati yang masih piyik, bisaanya anak merpati akan mengikuti perilaku yang dilakukan oleh induknya atau memang sudah benar - benar keturunan jadi tidak akan sulit untuk menjinakan merpati tersebut.

nah begitu lah caranya cukup mudah bukan cara menjinakan merpati dengan sedikit ekstra perawatan, tapi bagi aku itu merupakan cara paling sederhana dan semua orng pasti bisa melakukannya serta butuhnya ketelatenan dan kesabaran agar semuanya berjalan dengan lancar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon