Selasa, 07 November 2017

Cara merawat ayam jago bangkok aduan yang baik

Setiap ayam jago khususnya ayam bangkok tentu mempunyai jengger yang berbeda-beda pada setiap ayam bangkok aduan, mulai dari yang kecil hingga yang besar dari yang halus hingga yang lebar bahkan bisa berbentuk sebuah bunga mawar. dan artikel kali admin akan membahas tentang cara merawat ayam jago bangkok aduan.

Berikut ini adalah cara merawat ayam jago bangkok aduan :
Cara merawat ayam jago bangkok aduan yang baik
  • Pakan : Pemberian pakan adalah hal pertama yang paling penting dalam perawatan semua jenis hewan ternak salah satunya ayam bangkok aduan.karena pakan adalah berfungsi sebagai sumber energi yang berdampak pada tingkah laku, prilaku dan performa saat tarung pada ayam aduan.pemberian makan ayam bangkok yang baik adalah dengan takaran pakan disesuaikan dengan berat badan si ayam, misalkan ayam dengan bobot 3 – 4 kg maka pakan yang harus diberikan 200 – 300 gram terhitung dalam setiap sobat memberi makan ( bukan dalam sehari ). Dan pakan ayam juga harus disesuaikan biasanya berbeda antara ayam yang masih kecil dan ayam yang sudah besar. Bahkan pada ayam yang sama-sama dewasa pun berbeda tergantung keinginan kalau sobat ingin untuk aduan biasanya ditambah pakan jagung yang masih utuh digantung bertujuan melatih paruh ayam agar paruh kuat. Dan selain pakan juga vitamin dan suplemen perlu dianjurkan, pemberian vitamin yang bagus adalah pada malam hari karena ayam berada dalam kondisi tenang dalam kondisi itulah ayam dapat mudah mencerna vitamin dan suplemen yang nantinya akan merasuk sempurna ke tubuh  ayam.                                          
  • Memandikan : Untuk mendapatkan penampilan yang menarik ayam juga perlu dimandikan setiap pagi, bagi orang yang belum berpengalaman memandikan ayam sering kali dilakukan dengan cara asal - asalan. Padahal hal tersebut bisa mempengaruhi performanya saat bertarung. Waktu memandikan ayam aduan yang baik  adalah sekitar jam 08:00 pagi disaat cuaca memdukung. memandikan ayam aduan menggunakan air bersih dari sumur ( jangan menggunakan sabun) jangan menggunakan air hangat karena air tersebut dapat merusak jaringan pertumbuhan bulu pada ayam. Caranya memandikannya pegang ayam tenangkan lalu basuhlah kepalanya menggunakan busa yang sudah dibasahi. Dan siram perlahan bagian leher hingga pangkal tengkuk. Setelah itu lalu basuh bagian leher tadi hingga bagian ujung bawah dengan handuk kering, hal ini ditujukan supaya kandungan bulu yang ada di leher tidak banyak mengandung air yang akan merusak keindahan warnanya. Lalu bersihkan daerah sekitar kloaka hingga benar-benar bersih. Dan basuh bagian sayap, ketiak dan kaki menggunakan handuk kering hingga bersih. Untuk yang terakhir bersihkan bagian dubur ayam. Bagian punggung jangan sering-sering dimandikan karena bulu-bulu yang berada di punggung mudah kusut apabila sering terkena air.                                                                                                                 
  • Penjemuran : Penjemuran dengan cara memasukkan ayam ke kurungan bulat dan jangan lupa kasih alas di bagian bawahnya bisa kayu atau bebatuan hal itu bertujuan agar si ayam tidak guling-guling dan kotor kembali. Untuk penjemuran dilakukan sampai jam 10:00  karena pada saat itu sinar matahari mengandung vitamin D dalam bentuk inaktif  yang sangat membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan bulu.                                                                                    
  • Latihan : Biasanya para master master melatih ayam-ayamnya mulai dari usia 6 – 7 bulan sedangkan pada usia 1 – 5 bulan pertama difokuskan untuk proses pertumbuhan badan. Latihan fisik yang sering dilakukan akan membuat ayam lebih terbiasa bekerja keras, kuat dan tidak ngos-ngosan saat pertandingan. Latihan fisik dengan cara dilatih tarung dengan ayam sejenis maupun lokalan, Atau senam setiap pagi juga perlu dilakukan agar otot-otot menjadi lemas dan lentur sehingga mudah dalam menangkis musuh. Latihan fisik yang biasa dilakukan yaitu dengan cara jajal tarung setiap 3 – 5 hari sekali akan tetapi perlu dicatat jalu dan paruh harus dibungkus untuk menghindari luka yang berlebihan, hal seperti itu juga bisa menambah ke kreatifan ayam dalam menyerang.
Baca juga : Jamu untuk ayam bangkok sebelum diadu part 2

Artikel Terkait