Selasa, 31 Oktober 2017

Memperbaiki kinerja burung tledekan yang macet bunyi

Mengatasi burung tledekan macet bunyi ) Burung tledekan atau sulingan dari dulu banyak digemari kicaumania, dikarenakan kicauan burung ini mempunyai kicauan yang merdu serta bervariasi.
Perawatan burung tledekan sebenarnya sama halnya dengan perawatan burung kicauan yang memiliki karakter sama, seperti halnya burung kacer, ciblek, atau murai batu. Dasar utamanya burung ini membutuhkan pakan yang mengandung protein tinggi, karena sangat mempengaruhi kualitas kicauan dan kerajinan berbunyi. Dan ada salah satu kendala burung tledekan adalah karakternya burung yang mudah stres atau ngedrop. Dan disini ada beberapa penyebab burung tledekan stres atau ngedrop.
Antara lain sebagai berikut :
Memperbaiki kinerja burung tledekan yang macet bunyi

  • Kalah mental setelah bertemu burung sejenis dalam sebuah latihan / lomba.
  • Ngedrop akibat  perubahan pola rawatan, terutama pemberian extra fooding (EF).
  • Kalah mental setelah terus digempur oleh burung kicauan lain dengan karakter sama dan bersuara keras.
  • Ngedrop akibat penurunan kondisi kesehatan atau fisiknya.
Untuk menghindari permasalahan burung tledekan yang ngedrop , sobat bisa memberikan perlakuan khusus atau terapi sebagaimana dilakukan para tledekan mania selama ini.
Cara nya sebagai berikut :
  1. Menjauhkan tledekan dari burung berkarakter sama (fighter / teritorial) :                Selama masa terapi, burung tledekan yang ngedrop harus dipisahkan dan dijauhkan dari burung sejenis maupun burung lain yang sama-sama memiliki karakter fighter / teritorial, terutama kacer, murai batu, dan burung kicauan lain yang bersuara kencang atau lantang.                          
  2. Rutin melakukan pengembunan :                                                                                      Selain mandi malam secara rutin, satu hal yang penting dalam mengembalikan kondisi burung tledekan ngedrop adalah melakukan pengembunan pada pagi hari. Keluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali, antara pukul 05.00 – 05.30, dan digantang pada teras atau halaman rumah. Sewaktu pengembunan, burung diberikan 1-2 ekor jangkrik. Kroto cukup 1 sendok teh kroto, yang dapat diberikan 2-3 hari sekali.                                                                                      
  3. Rutin memberikan mandi malam :                                                                                              mandi malam menjadi salah satu terapi bagi burung tledekan yang ngedrop, sehingga bisa rajin berbunyi kembali. Terapi ini juga bisa diterapkan pada tledekan bakalan.Mandi malam bisa dilakukan selama satu minggu dahulu, atau hingga burung mulai rajin bersuara.  Selama terapi mandi malam, maka jadwal mandi yang biasa diberikan pada pagi dan sore hari bisa dihilangkan. Jadi, burung cukup mandi sekali sehari, yaitu pada malam hari. Mandi malam bisa dilakukan antara pukul 19.00 – 20.00. Cara mandinya bisa menggunakan sprayer (semprotan dengan setelan halus) atau memakai karamba mandi. Setelah mandi, burung segera diberikan 2-3 ekor jangkrik, kemudian dikerodong hingga pagi hari.                                                             
  4. Memasteri burung tledekan dengan suara terapi :                                                                    Seperti halnya murai batu dan kacer, tledekan gunung termasuk burung teritorial sehingga memiliki sifat fighter, sekaligus rentan ngedrop atau macet bunyi. Ada beberapa cara untuk mengatasi burung tledekan macet bunyi, termasuk memperdengarkan suara terapi.                      
  5. Berikan pakan dan vitamin secara teratur :                                                                          Hal lain yang mendukung perawatan burung tledekan ngedrop adalah pemberian pakan secara teratur, terutama EF. Pakan yang bisa diberikan setiap hari adalah jangkrik dengan porsi yang disesuaikan, ulat hongkong cukup 1-2 ekor sehari, serta kroto setiap 2-3 hari sekali. Selain itu, jaga kondisi burung agar selalu fit dengan memberikan multivitamin secara berkala (2-3 kali dalam seminggu), karena efektif dalam mengoptimalkan fisilogis dan metabolisme burung, sehingga burung menjadi sehat, lebih tenang, dan rajin berbunyi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon