Jumat, 02 Februari 2018

Cara membedakan jantan dan betina pada murai batu yang masih trotol

Ya siapa sih yang tidak mengenal burung murai batu..Pastinya burung murai batu ini banyak yangsudah mengenalinya apalagi dengan suara kicauannya yang membuat para penghobi ingin memilikinya. dan jika sobat ingin membeli burung murai batu tentunya sobat harus sudah mengetahui jenis kelamin jantan dan betina. Agar nantinya sobat tidak merasa kecewa dalam pilihannya. 
Dan bagi sobat yang ingin membeli dan belum tahu membedakan jenis kelaminnya pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tipsnya. mungkin dengan adanya artikel dari saya bisa menjadi pedoman untuk sobat yang mau beli burung murai batu trotolan.
ya memang sedikit sulit untuk membedakannya, karena burung murai batu pada saat masih kecil atau trotol terlihat sama. Oke kita langsung saja.
Tips cara membedakan murai batu jantan dan betina saat masih trotolan :

Burung murey batu anakan betina.
  1. Memiliki Bentuk kepala lebih kecil dari yang jantan sedangkan bentuk paruh lebih tipis dan lancip kalo di lihat dari atas kepalanya.
  2. Bagian warna bulu warna hitamnya lebih keabu-abuan, bulu dada cenderung lebih putih tidak kuning legam, garis hitam di leher berwarna hitam keabu-abuan dan lebih pudar.
  3. Pada bagian tubuh postur tubuh relatip lebih kecil.
  4. Biasanya dari suara saat lapar masih dalam kondisi di loloh suaranya lebih kecil atau cempreng.
Cara membedakan jantan dan betina pada murai batu yang masih trotol

Burung murai batu anakan jantan :
  1. Memiliki Bentuk kepala lebih lebar dan besar dari pada yang betina, Bentuk paruh lebih tebel dan lebih panjang , kalo kita lihat dari atas pangkal bagian paruhnyapun lebih lebaR.
  2. Bagian warna bulu berwarna hitam legam dan mengkilap, bulu pada bagian dada berwarna kuning tegas warna totol hitam di bagian leher berwarna hitam legam atu lebih jelas.
  3. Pada bagian postur tubuh relatip yang jantan biasanya lebih besar dan bongsor di bandingkan yang betina.
  4. Biasanya dari suara sang jantan pada saat dia lapar masih dalam kondisi di loloh suaranya lebih ngebas atau lebih besar dan bergelombang.
Cara membedakan jantan dan betina pada murai batu yang masih trotol

Mungkin dengan cara di atas bisa sobat coba pada saat sobat mau membeli burung murai batu jantan trotolan akan tetapi pada dasarnya ciri - ciri di atas hanya sebagai usulan saja tidak hal mutlak karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya terutama faktor turunan burung murai batu anakan tersebut.

Artikel Terkait