Jumat, 06 Januari 2017

Tips ternak burung lovebird sederhana

Cara ternak lovebird sederhana


burung love bird selain suaranya yang unik burung ini juga bisa di budidayakan.

Tips ternak burung lovebird sederhana
 Oleh karna itu ada tips tips cara ternak love bird yang sederhana.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai Cara Ternak Lovebird :

Memilih Usia Indukan Lovebird.
Lovebird yang siap untuk dijodohkan pada usia 8 bulan, akan tetapi pada usia tersebut burung lovebird belum benar-benar matang atau kurang bagus untuk berproduksi
alangkah baiknya memilih lovebird untuk diternak pada usia diatas 1 tahun. Kandang Lovebird
Siapkan ram-ram atau sangkar besi dengan ukuran 50x50x50cm buat sepasang lovebird sediakan juga glodok atau tempat bertelornya dengan ukuran 30x20x30cm dengan bahan kayu.

Proses Penjodohan
dalam proses menjodohkan lovebird, masing-masing jantan dan betina di sangkar terpisah dan tempel atau dekatkan kedua sangkar tersebut. jika burung tersebut selalu berdekatan,maka kemungkinan burung tersebut sudah mau berjodoh. biasanya proses ini bisa memakan waktu 3-7 hari.
Proses penjodohan ini bisa saja cepat kalo dilakukan saat burung tersebut disaat masa masa birahi.
biasanya Masa birahi ini ditandai dengan perilaku-perilaku tertentu contohnya perilaku jantan berusaha mengawini benda didekatnya sedangkan untuk betina merunduk dengan membuka sayap dengan ekor tegak lurus. Jika jantan dan betina tersebut sudah berjodoh,masukan keduanya dalam kandang penangkaran yang sudah disediakan. setelah dimasukan dalam satu kandang ternyata tidak mau kawin atau saling kejar-kejaran maka dipastikan penjodohan gagal.
Coba untuk mengulangi lagi proses ini.
Cara lain penjodohan yang lebih efektif adalah
dengan mengumpulkan lovebird sekaligus disebuah kandang yang besar.
jumlah lovebird yang terdapat dalam kandang besar antara jantan dan betina harus sama.( jantan 10 ekor betina 10 ekor )
jika ada sepasang lovebird yang sudah berjodoh biasanya mereka langsung masuk ke glodok untuk bertelur atau dapat dipisahkan ditempatkan di kandang penangkaran.

Proses Bertelur Dan Pengeraman Lovebird 
Jika lovebird sudah mulai kawin otomatis mereka akan mencari tempat untuk bertelur.Oleh karena itu,dalam kandang harus disediakan glodok sebagai kotak sarang.Di alam bebas,biasanya mereka mengmpulkan berbagai ranting kecil,tangkai daun dan sebagainya.
Cobalah untuk menebarkan ranting-ranting kecil,tangkai daun atau kulit jagung kering didasar kandang.Umumnya lovebird bertelur 4-6 butir.Biasanya lovebird baru akan mengerami telurnya setelah telur ketiga keluar.Pada saat pengeraman, induk lovebird akan sesekali keluar dari glodok untuk makan, mandi atau Cuma sekadar merentangkan sayap.

Proses Penetasan Lovebird
setelah dierami selama 21-23 hari proses keluarnya anak lovebird dari telur yaitu sekitar 24 jam,
pada proses penetasan tersebut sedang terjadi berbagai penyesuaian didalam tubuh anak lovebird.
Sebaiknya jangan mengganggu proses penetasan ini karena bisa menyebabkan anak lovebird menjadi tumbuh tidak normal. Pada saat pertama kali bertelur,telur tersebut tidak akan semua bisa menetas
Biasanya lovebird baru benar-benar produktif setelah masa bertelur yang kedua dan seterusnya.
telur yang tidak menetas biasanya disebabkan oleh induk yang terlalu muda atau lingkungan yang tidak nyaman atau bisa juga nutrisi yang tidak cukup.

Mempercepat Produktifitas Lovebird
Tips ternak burung lovebird sederhana

Untuk mempercepat produktifitas induk lovebird dapat dengan cara mengambil anak lovebird pada usia 10-14 hari.Anak Lovebird diletakkan pada sebuah kotak yang diberi alas kain handuk dan diberi lampu 5 watt untuk menjaga kehangatan. Pakannya anak lovebird bisa menggunakan bubur bayi(promina)yg banyak dijual di toko. cara nya dengan Bubur bayi dicampur dengan air hangat jangan terlalu panas.Pada awalnya pertama campurannya yang diberikan dalam bentuk encer,semakin bertambah umur anak lovebird boleh ditingkat kekentalan makanan semakin ditambah. Alat menyepetan bisa di gunakan memakai suntikan. Pemberian pakan minimal tiap 4 jam sekali secara teratur semua dapat menggunakan jadwal anda sendiri.


                                           SEMOGA BERMANFAAT

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon