Kamis, 14 Desember 2017

Tips membedakan kenari jantan vs betina

membedakan jenis kelamin burumng kenari kali ini akan membahas mengani cara membedakan jenis kelamin pada hewan terutama burung kenari. Dalam membedakan jenis kelami pada hewan tidak semuanya mudah karena ada sebagian hewan yang tidak terlalu jelas untuk kita lihat bahkan bisa jadi salah, salah satunya pada jenis burung. Ada beberapa cara dan tahapan yang bisa sobat lakukan dalam mengetahui jenis kelamin burung kenari yang bisa sobat lihat dari bentuk - bentuk yang ada pada tubuhnya. Oke dari pada bingung mending kita langsung saja silahkan sobat simak baik - baik.
Tips membedakan kenari jantan vs betina

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina sebagai berikut :
  • Dilihat dari Usia
Usia 3 – 4 Hari
Ketika burung sudah menginjak usia 3 – 4 hari maka ada ciri khusus yang bisa sobat lihat dari ada tidaknya pembuluh vena. Letak pembuluh pena sendiri terltak di sebelah perut dan lebih menuju ke dubur. Nah vena sendiri bisa terlihat pada kenari jantan dan jika tidak terlihat maka sudah dipastikan itu adalah kenari betina.
  • Usia 7 Hari
Saat burung kenari menginjak usia 7 hari juga bisa terlihat apakah itu kenari jantan atau betina yang dapat dilihat dari posisi mata. Jika sejajar dengan paruh itu sudah dipastikan berjenis kelamin jantan dan jika lebih tinggi dari paruh itu merupakan kenari betina.
  • Usia 2 – 3 Minggu
Ketika kenari sudah memasuki usia 2 – 3 minggu akan mulai aktif untuk lompat – lompatan dan kenari yang lompatnya lebih jauh itu merupakan kenari jantan dan yang pendek itu betina.
  • Bentuk Kepala
Burung kenari jantan memiliki bentuk kepala yang lebih ramping jika dibandingkan dengan kenari betina yang cenderung lebih bulat.
  • Postur Tubuh
Burung kenari yang memiliki postur tubuh lebih panjang dan besar itu merupakan burung jantan dan untuk burung betina memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar dan cenderung bulat.
  • Bentuk Kaki
Burung kenari jantan memiliki bentuk atau ukuran kaki yang panjang dengan jari  - jari renggang sedangkan untuk kenari betina memiliki kaki yang lebih pendek dengan jari - jari yang lebih rapat dibandingkan kenari jantan.
  • Bentuk Tulang Belakang dan Dubur
Kenari jantan akan memiliki bentuk tulang belakang yang berwarna agak gelap dengan bentuk dubur yang agak menonjol atau bisa dikatakan juga memiliki benjolan. Sedangkan untuk kenari betina memiliki tulang belakang dengan warna yang lebih terang dan memiliki bentuk dubur yang normal dalam arti tidak ada benjolan.

Nah itulah ciri dan cara membedakan antara burung kenari jantan dengan betina yang bisa dilihat dari segi umur dan bagian - bagian tubuh tertentu yang ada pada burung kenari. Silahkan lihat secara teliti jangan hanya sepintas, semoga bisa bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon