Sabtu, 09 Desember 2017

Penyebab dan mengobati merpati muntah dan berak hijau

Kali ini saya akan membahas tentang penyebab burung merpati muntah dan berak kahijau,mungkin para senior sudah mengetahui tentang masalah tersebut tapi untuk pemula hal seperti ini yang akan membuat sobat bingung. semua tahu bahwa penyakit yang suka muncul pada burung merpati sangat bermacam - macam salah satunya adalah merpati muntah dan berak hijau. Untuk merpati yang terkena penyakit ini biasanya kondisi bandan menjadi menurun alias tidak fit, pencernaan menjadi terganggu, makanan masih tersimpan di tembolok dan apabila bernafas maka nafasnya akan terasa hangat dan berbau, merpati jadi banyak minum serta kehilangan nafsu makan. Jika gejala diatas sudah muncul berarti sudah dipastikan merpati kita sedang sakit dan harus segera ditangani serta diobati agar tidak berkelanjutan.  nah langsung saja beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit muntah dan berak hijau pada merpati.
Penyebab dan mengobati merpati muntah dan berak hijau

Berikut ini adalah beberapa penyebab merpati muntah dan berak hijau :
  • Jika dilihat dibagian tembolok akan kembung karena masih ada sisa makanan (tidak dapat dicerna)
  • Kondisi merpati lemas alias tidak fit
  • Merpati suka muntah – muntah
  • Seperti yang kepanasan atau kehausan, merpati jadi banyak minum
  • Kotoran yang keluar akan berwarna hijau atau putih tapi seperti ada kapurnya dan kadang juga cair
Penyakit ini juga bisa menular ke merpati lainnya dengan kontak sebagai berikut :
  1. Bisa dengan kontak langsung
  2. Bisa dari air liur merpati
  3. Bisa dari air minum merpati
  4. Bisa juga dari makanan merpati
  5. Jadi alangkah lebih baiknya jika ada merpati yang terkena penyakit ini dipisahkan dahulu dari merpati  lainnya agar tidak menyebarkan virus atau tidak terkena pada merpati lainnya. Agar penyakitnya tidak berkelanjutan maka kalian bisa obati dengan cara berikut ini.
Cara Pengobatan Merpati Muntah dan Berak Hijau :
  1. Jangan terlalu dikasih makan
  2. Dalam arti merpati harus dipuasakan dahulu untuk menguras makanan yang masih ada ditembolok, kurang lebih 1 hari. Tapi jika merpati makin melemas jangan terlalu dipaksakan (dikondisikan). Jangan lupa beri multivitamin seperti vitachicks dan yang lainnya, jika merpati kelihatan lemas bisa juga di berikan ½ tablet koleridin setiap pagi dan sore hari. Jika sudah dipuasakan 1 hari merpati tetap tidak mau makan maka kalian harus spet merpati dengan bubur dan lihat apakan makanan yang ada di temboloknya sudah turun atau masih ada, jika masih ada coba lagi.
  3. Atau bisa juga dikasih obat trimizin B dengan cara paruh dibuka dan masukan obat trimizin B kedalam  paruh pemberiannya dipagi hari 2 tablet disore hari 2 tablet. tapi sebelum mdikasihkan obat terlebih dahulu makanan yang tersisa di tembolok harus dikuras dengan cara paruh dibuka sepet dengan air hangat sebanyak mungkin lalu balikan kepala dibawah agar merpati muntah.
Begituh lah caranya cukup mudah bukan dalam pengobatan merpati yang terserang berak hijau serta muntah - muntah, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon